-->

Puluhan Warga Terjaring Operasi Tertib Masker di Kebon Jeruk

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 50 warga yang tidak mengenakan masker terjaring operasi Tertib Masker (Tibmask) yang digelar di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Camat Kebon Jeruk, Saumun mengatakan, operasi Tibmask yang mengerahkan petugas gabungan dari unsur Satpol PP, TNI, Polri dan unsur kelurahan ini digelar di tiga titik.

Rinciannya di Jalan Perjuangan, tepatnya pintu keluar Tol Kebon Jeruk, Jalan Panjang dan di Jalan Taman Ratu Kemuning Blok F1.

"Ke-50 pelanggar ini kami berikan sanksi kerja sosial dan denda administrasi," ujar Saumun.

Saumun menuturkan, sebanyak 30 pelanggar diberikan sanksi kerja sosial berupa menyapu jalan dan fasilitas umum.

Kemudian, 20 pelanggar diberikan sanksi denda administrasi dengan total Rp 2.750.000.

"Selain itu, kami juga mengkampanyekan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sementara itu, petugas gabungan juga melaksanakan operasi tertib masker (Optibmask) di Jalan Kramat Kwitang I, Kelurahan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2020).

Sekretaris Kelurahan Kwitang, Yuni Nilogini mengatakan, ada 12 petugas gabungan yang menjalankan operasi hari ini. Dan mendapati masih ada lima warga yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

"Mereka kita berikan sanksi kerja sosial selama 20 menit, ada yang mencabut rumput di trotoar, menyiram tanaman dan membersihkan kanstin trotoar," kata Yuni.

 

Peningkatan Kesadaran

Menurutnya, meskipun masih ada pelanggaran, namun jumlahnya sudah jauh berkurang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dari masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Dari sebelumnya ada belasan pelanggar, saat ini sudah mulai berkurang. Mereka kebanyakan sudah sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


0 Response to "Puluhan Warga Terjaring Operasi Tertib Masker di Kebon Jeruk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel